6.07.2009

Pengaturan Cairan dan Elektrolit

Cairan dan elektrolit berpindah dari satu kompartemen ke kompartemen lain un\tuk memfasilitasi proses yang terjadi di dalm tubuh, berpindah secara defusi, osmosis, filtrasi dan transpor aktif. Pembatas utama dari perpindahan zat terlarut dalam tubuh adalah membran sel.
a.Defusi, merupakan kecendrungan alami dari suatu substansi untuk bergerak dari suautu area dengan konsentrasi yang lebih tinggi ke area dengan kosentrasi yang lebih rendah.
b.Filtrasi, merupakan suatu proses perpindahan air dan substansi terlarut secara bersamaan sebagai respon terhadap adanya tekanan hidrostatik. Tekanan hidrostatik adalah tekanan yang dihasilkan oleh suautu cairan di dalam suatu ruangan. Darah akan memasuki kapiler jika tekanan hirdostatik lebih besar daripada tekanan intertisiel, sehingga cairan dan zat terlarut berpindah dari kapiler menuju sel.
c.Transpor aktif, adalah perpindahan zat terlarut melalaui sebuah membran sel yang melawan perbedaan konsentrasi dan muatan listrik. Ini membutuhkan energi dalam bentuk ATP.

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial